Thursday, September 26, 2013

Akhirnya Apple Bisa Pakai Merk ‘iPhone’ di Brazil - ( T3CHNLG1 )

Apple akhirnya bisa bernapas lega setelah merk iPhone miliknya sekarang sudah bisa dipakai secara legal di Brazil. Keputusan ini disahkan oleh pengadilan Brazil atas sengketa antara Apple dan IGB Electronica, pemilik merk ‘iPhone’ di Brazil selama ini.

Hakim Eduardo de Brito Fernandes memutuskan bahwa merk ‘iPhone’ bisa digunakan bersama-sama antara Apple dan IGB Electronica di Brazil, karena merk iPhone telah dikenal di dunia sebagai milik Apple. Sementara IGB Electronica memiliki hak merk iPhone di Brazil yang didaftarkan pada tahun 2000 dan telah disetujui pada tahun 2008 lalu. Hakim menilai bahwa akan menjadi sesuatu yang tidak adil jika IGB saja yang memegang hak eksklusif merk iPhone karena semua produk dan para pengikutnya Apple telah dikenal luas karena kehandalan kinerja dan kualitasnya yang bagus sebagai sebuah produk. Hakim juga menilai bahwa penggunaan ‘i’ pada iPhone milik IGB hanyalah kombinasi dari ‘internet’ dan ‘phone’ sebagai petunjuk bahwa ponsel tersebut bisa digunakan untuk ber-internet, sementara Apple iPhone telah menggunakan imbuhan ‘i’ secara luas di berbagai negara untuk produk-produknya.

IGB Electronica mendaftarkan nama iPhone untuk merk smartphone Android miliknya yaitu Gradiente iphone yang dirilis tahun 2012 lalu, beberapa bulan sebelum merk dagang yang didaftarkannya kadaluarsa. Kantor Institut Hak Milik Industri Brazil mengakui merk dagang IGB tersebut dan tidak mengijinkan Apple memakai merk ‘iPhone’ di Brazil, namun Apple kemudian mengajukan gugatan ke pengadilan.

Atas putusan ini, IGB akan mengajukan banding.

via CNet



 
Copyright Purple Fox Design All Rights Reserved